TUTORIAL AUTOCAD-Membuat Layout/Print Out Autocad

Posted: September 14, 2013 in berbagi sdikit
Tags: , , , , , , ,

Tahap akhir dari pembuatan gambar kerja pada AUTOCAD adalah membuat layout atau menyiapkan gambar untuk di cetak/print out. Pada tahap ini terkadang hasil print out tidak sesuai dengan skala yang ditetapkan dikarenakan layout gambar yang salah atau tidak sinergis dengan gambar. Pada tulisan ini akan dijelaskan secara singkat mengenai pembuatan layout bagi teman-teman yang belum begitu mengetahui cara men-set layout pada AUTOCAD.

Ketika anda mengklik layout akan muncul tampilan seperti dibawah ini, abaikan saja.

Picture1

Kotak berwarna merah adalah viewport default, untuk memudahkan pembuatan viewport baru hapus saja viewport default. Terlebih dahulu kita akan membuat garis bantu dengan membuat kotak. Nah yang perlu di tekankan adalah satuan yang anda gunakan pada gambar kerja anda harus sama dengan satuan untuk membuat viewport. Misalnya gambar kerja menggunakan satuan meter, maka garis bantu yang akan kita buat juga harus dalam satuan meter.

Ketik REC, enter untuk membuat kotak, ketik D, enter klik di area viewport lalu isikan dimensi ukuran kertas dalam satuan meter. Misalnya kertas A4 (297 x 210 mm=0.297 x 0.21 m) ketik 0.297, enter lalu 0.21 enter dan klik sekali lagi untuk mengakhiri perintah. Jika terlalu kecil/besar klik scroll mouse 2x. kemudian tekan Crtl + P untuk memunculkan perintah prin out.

Pada pilihan printer/plotter pilih printer anda atau dwg to pdf. Pilihan Paper size pilih ISO full bleed A4(297 x 210 mm) lalu pada What to plot pilih window dan anda diminta untuk menyeleksi kotak yang anda buat tadinya(klik sudut kiri atas dan kana bawah). Beri centang pada Fit to paper dan Center the plot, Apply to Layout dan klik Cancel untuk melihat hasilnya.

Picture2

Sekarang buat garis pinggir beserta garis etiket gambar kerja anda sama halnya dengan membuat kotak bantu sebelumnya. Untuk ukuran A4 digunakan kotak ukuran 0.267 x 0.2 m dimana 2.5 cm dari pinggir kiri dan 0.5 cm dari pinggir kanan dan masing-masing 0.5 cm dari tepi atas bawah. Lalu buat satu kotak lagi untuk etiket gambar kerja anda misalnya 0.075 x 0.2 m. Silahkan lengkapi kotak etiket anda dengan garis bantu . untuk meletakkan garis tepi buat garis bantu seperti pada panah hijau.

Picture3

Lanjut dengan membuat viewports atau jendela gambar kerja anda. Ketik VPORTS, pilih single dan ok, klik sudut kiri atas dan sudut bawah tanpa mengambil kotak etiket gambar. Maka akan muncul seluruh area gambar anda.

Picture4

Mengatur skala gambar

Tahap selanjutnya adalah membuat skala yang akan digunakan dalam mencetak gambar. Pertama aktifkan terlebih dahulu Paper atau zoom in-out pada paper atau viewport. Ketika paper telah aktif maka anda arahkan kursor pada area gambar untuk men-zoom gambar anda.

Picture5

Perhatikan skala yang muncul pada bagian kiri, disinilah tempat membuat skala gambar yang akan digunakan. Untuk membuat skala yang digunakan klik custom. Misalnya anda ingin menggunakan skala 1:100 sekalipun skala tersebut sudah ada akan tetapi anda tetap harus membuat baru karena biasanya dalam satuan inchi. Cukup anda buat misalnya 1:100-1 karena tidak boleh ada 2 skala yang sama.

Picture6

Kemudian klik Add, isikan name sesuai format penulisan skala misalnya 1: 500, lalu isikan Drawing units 500, dan klik ok. Jika anda masih ingin dengan skala yang lain klik add lagi. Setelah itu klik ok.

Picture7

Kemudian arahkan kursor pada area gambar dan zoom daerah gambar yang akan dimunculkan, setelah itu klik skala lalu pilih skala yang akan digunakan. Untuk menempatkan gambar tepat di tengah cukup tahan scroll mouse anda sambil menggeser gambar. Setelah gambar tepat di tengah, klik Model di kiri bawah .

Picture8

Setelah anda melengkapi etiket gambar anda, saatnya mencetak gambar dengan Ctrl + P.

Pada jendela Plot, hilangkan tanda centang Fit to paper, lalu klik window sekali lagi untuk memastikan area yang terprint, klik sudut kanan atas dan kiri bawah kotak bantu yang dibuat dari awal. Pada pilihan Plot style table silahkan pilih monochrome untuk pilihan hitam putih, jika tidak abaikan saja. Setelah itu klik Apply to layout, terlebih dahulu hapus kotak dan garis bantu dengan mengklik cancel agar tidak ikut terprint. Kemudian ulangi Ctrl + P dan gambar siap di cetak.

Picture9

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s