Trik-trik AUTOCAD

Posted: November 10, 2012 in berbagi sdikit
Tags: , , , ,

Berikut adalah sebagian kecil trik Autocad yang akan saya bagikan yang mungkin anda sudah tahu. Tujuan dari trik ini adalah untuk mempercepat atau memudahkan anda dalam menggambar dengan AUTOCAD.

  • Menggabungkan 2 benda dengan sisi gabungan yang sama meskipun berbeda sudut/arah :ketik ALIGN, lalu select objek yang akan dipindahkan, lalu enter; klik/tentukan sudut objek pertama lalu klik sudut tempat objek, lalu klik sudut kedua objek dan sudut tempat objek lalu enter, disini anda memilih jika objek yang akan dipindahkan ingin disamakan ukurannya dengan objek tempat peletakannya ketik y, jika tidak tekan enter 2x.

  • Membuat sudut >180; ketik DIMANGULAR lalu enter 2x kemudian klik pusat objek dan klik 2 sudut tempat pengambilan sudut kemudian arahkan kursor pada arah yang membentuk sudut >180.
  • Seleksi objek AUTOCAD seperti objek windows. Misalnya, buat objek kotak 4 buah  kemudian seleksi 1 per 1 maka semua kotak akan terseleksi. Pada objek windows jika menyeleksi 1 objek kemudian meyeleksi objek yang lain maka objek yang pertama tidak ikut terseleksi lagi. Gunakan PICKADD lalu isikan 0, enter. Jika ingin mengembalikan ulangi perintah PICKADD lalu isikan 1.
  • Periksa layer. Ketik LAYWALK kemudian silahkan klik layer mana yang akan dilihat. Jika anda ingin melihat lebih dari 1 layer, klik kanan layer kemudian klik hold Layer.
  • Memutar Zoomout menjadi Zoomin. Ketik ZOOMWHEEL kemudian isikan 1 lalu enter. Jika ingin mengembalikan ulangi perintah ZOOMWHEEL lalu isikan 0.
  • Perintah TRIM dan EXTEND. Ketika anda berada dalam perintah Extend/Trim dan anda ingin mengakhiri perintah kemudian berpindah ke perintah Trim/Extend, cukup dengan menahan SHIFT asalkan pada saat anda mengakses perintah TRIM atau EXTEND dengan select allalias enter 2x.
  • Update status via CAD. Ketik perintah MODEMACRO kemudian tuliskan status anda, setelah itu enter dan silahkan lihat bagian kiri bawah screen Autocad anda atau yang biasanya menampilkan koordinat dari kursor anda.
  • Mengganti/memindahkan  layer objek.

<> Misalkan sebuah garis dan sebuah kotak dengan layer yang berbeda kemudian kita akan mengganti layer garis menjadi satu layer kotak, ketik LAYMCH kemudian klik garis dan enter lalu klik objek kotak maka objek garis akan se-layer dengan objek kotak.

<> Mengganti layer sebuah objek bisa juga dengan LAYCUR. Pertama aktifkan layer mana yang akan kita gunakan, lalu ketik perintah LAYCUR dan klik objek yang akan diganti layernya menjadi layer yang telah kita aktifkan lalu enter.

<> Cara lain yaitu dengan lazim yaitu menggunakan layer properties.

sumber : http://cad-notes.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s