Tutorial ACAD LD-Membuat Alinemen Horisontal

Posted: July 15, 2012 in berbagi sdikit

Membuat Alinemen Horisontal

Setelah selesai membuat kontur kita akan lanjut dengan menggambar alinemen, misalnya alinemen jalan atau saluran irigasi. Namun untuk kali ini kita akan membuat alinemen jalan diatas peta kontur yang telah anda buat. Yang pertama adalah buat garis alinemen jalan dengan polyline diatas kontur sesuai dengan jalur yang anda rencanakan.

Setelah selesai membuat garis alinemen maka anda perlu membuat curve atau lengkung horizontal di setiap tikungan. Untuk itu garis alinemen maka garis yang anda buat dari polyline diubah menjadi line dengan perintah explode       atau cukup dengan mengklik garis kemudian ketik x dan enter agar anda dapat membuat lengkungan disetiap tikungan sesuai dengan ketentuan yang anda rencanakan. Langkah pertama yaitu mengaktifkan land desktop dengan mengklik gambar gear di pojok kanan bawah kemudian pilih land desktop.

Jika land desktop telah aktif maka klik perintah Lines/Kurves > Curve Between Two Lines, setelah itu klik 2 garis pertemuan tikungan kemudian pilih Radius lalu masukkan nilai R sesuai dengan yang anda rencanakan lalu enter, kemudian lanjutkan untuk tikungan lainnya sesuai dengan langkah sebelumnya. Setelah semua tikungan selesai tekan enter 2x. karena garis alinemen yang kita buat dalam bentuk line atau garis yang tidak menyatu, maka harus disatukan kembali (polyline) cukup dengan mengetik PE>enter>m>enter kemudian select/pilih semua garis termasuk garis lengkung yang akan menjadi garis alinemen kemudian enter, akan muncul convert lines and curves to polylines lalu enter lagi kemudian ketik J lalu enter 2x setelah itu tekan escape.

Kita mulai dengan klik pada menubar perintah Alignments>Define From Polyline kemudian klik garis yang telah dibuat tadi lalu enter, lalu muncul Define Alignment masukkan nama alinemen contohnya jalan utama dan deskripsinya lalu ok.

Kemudian lanjut Alignments>Station Display Format

Pastikan preview value 100.0000 dan Station base value 1000, kemudian beri centang Drop decimal for even value dan Use Station Format lalu ok.

Alignments>Alignment Labels

Isikan Layer Prefix dengan  *- lalu ok.

Lanjut lagi Alignments>Station Label Settings

beri centang semua kotak pilihan yang ada, kemudian isi Station label increment 50.00, Station tick increment 25.00 dan Station label offset 25.00 lalu ok.

Terakhir adalah Alignments>Create Offsets

Outer offset left 5 dan right 5

Second offset left 4 dan right 4

Third offset left 3 dan right 3 kemudian ok.

Alinemen yang anda buat harus menampilkan label stasiun, untuk itu klik Alignments>Create Station Labels kemudian enter 2x lalu klik yes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s