Tutorial ACAD LD-Input Data/Point dan Membuat Kontur

Posted: May 25, 2012 in berbagi sdikit

Input Data/Point dan Membuat Kontur

Sebelum memunculkan kontur, terlebih dahulu kita akan menginput data point. Kontur itu sendiri pengertiannya pasti sudah banyak yang tahu yakni garis yang menghubungkan ketinggian yang sama.

Sekarang kita akan lanjut dengan menginput data hasil pengukuran topografi dimana filenya sudah tersave dalam bentuk notepad atau *.txt.

pilih menu Points>Import/Export Points>Import Points

pada pilihan ‘format’, anda pilih PENZD (space delimited). Biasanya file yang akan diinput terlebih dulu dalam bentuk file excel yang telah terformat Point number Easthing Northing Z(elevation) Descriptionkemudian anda copy paste ke notepad. Kemiduan gunakan spasi sebagai pemisah PENZD. Bias juga menggunakan koma namun import points pilihannya ‘comma delimited’ bukan space delimited.

Setelah itu klik yang warna kuning dan cari file yang akan di input.lalu ‘ok’.

Lalu klik ‘ok’ lagi. Dan selanjutnya akan tampil point yang telah kita input tadi. Jika anda ingin menghilangkan keterangan titik(description) atau Point number atau elevasi, pilih Point>Edit Point>Display Properties kemudian ketik A lalu Enter. Kemudian pada ‘Text’ lepaskan centang jika tidak ingin menampilkannya. Ubah ukuran text pada ‘Text Size’ misalnya 1. Kemudian anda bisa merubah tanda point pada Marker lalu pilih tanda point yang anda inginkan, lalu ‘ok’.

Kita akan lanjut pada pembuatan kontur.

Yang pertama adalah membuat surface. Klik Terrain> Terrain Model Explorer, kemudian klik kanan ‘Terrain>create new surface’, maka akan jadi ‘surface 1’.

Klik tanda + disebelah terrain lalu klik 2x surface 1.

setelah itu anda klik kanan ‘Contours’>Add Contour data, lalu ‘ok’.

Lalu klik ‘Entity’ ketik E dan Enter.

Select/seleksi semua data point yang kelihatan, kemudian klik kanan dan akan kembali ke kotak Terrain Model Explorer.

Klik kanan ‘Point File’>Add Point File, lalu ‘ok’.

After that klik kanan ‘surface 1’>Build.

Beri centang ‘Minimize flat triangles………..’ , lalu ‘apply’ dan ‘ok’. Lalu ‘ok’ sekali lagi. Setelah itu tutup kotak Terrain Model Explorer.

Sekarang kita akan membuat konturnya karena surface nya telah selesai dibuat. Pertama, klik Terrain> Create Contours.

Perhatikan interval kontur , anda boleh menggantinya sesuai keinginan anda atau bias juga langsung saja meng klik ‘ok’.

Setelah itu akan muncul pilihan  Erase Old Contours (Yes/No) < Yes>, tekan Enter.

Maka jadilah kontur yang kita impikan dari tadi……

Anda boleh merapikan kontur dengan cara memotong kontur yang tidak perlu, cukup di areal yang kita butuhkan saja. Caranya anda buatkan border atau garis polygon tertutup seperti gambar ilustrasi di bawah ini. Kemudian dengan perintah ‘trim’ anda memotong kontur yang diluar border yang anda buat.

Karena kontur yang kita buat kelihatan kaku atau membentuk sudut pada lekukan garis kontur yang runcing, maka untuk menghaluskannya kita masuk lagi pada perintah Terrain>Contour Style Manager, akan muncul kotak seperti ini.

Pada ‘Contour Appearance’ pilih Add Vertices lalu geser nilainya sampai 10. Sebelum anda mengklik ‘ok’, anda boleh juga mengatur yang lainnya misalnya Text Style dll. Kalau tidak mau  ya langsung saja ‘ok’. Perhatikan jika ada kontur berpotongan, maka anda kembali pada Contour Style Manager dan mengurangi nilai 10. Misalnya 5.lalu ‘ok’.

Ketika kontur telah terbentuk maka autocad land desktop secara otomatis membuat layer untuk kontur major dan minor. Jadi tidak perlu repot-repot lagi membuat layer baru untuk kontur.

yang terakhir kita akan memberi label atau keterangan pada kontur (elevasi kontur),

Terrain>Contour labels, disini anda bisa memilih menggunakan end, group end, interior atau group interior. Untuk saat ini kita akan menggunakan perintah group interior dengan cara mengklik salah satu kontur kemudian melanjutkan klik kontur yang lain lalu diakhiri dengan enter, maka akan muncul label kontur.

Sebagai tambahan silahkan klik video di bawah ini untuk panduan tambahan dalam membuat kontur.

http://www.youtube.com/watch?feature=player_detailpage&v=vuUdcEKdlNw

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s